Perawatan Brankas Uang

Brankas uang memerlukan perawatan khusus agar tetap awet dan keamananya terjaga. Meskipun brankas terbuat dari bahan yang kuat dan kokoh tetap memerlukan perawatan yang tepat. Perwatan tersebut selain itu menjawa kewatennya juga kemanan brankas tersebut dan uang yang kita simpan dalam brankas tersebut. Brankas uang jika tidak dirawat dengan benar tidak jarang mengalami kerusakan misalnya kuncinya macet atau uang atau dokumen yang kita simpan menjadi rusak karena lembab. Tentunya kondisi tersebut yang paling dihindari oleh para pemilik brankas, yang tadinya mau aman malah menyusahkan.

Brangkas

Brankas

Upaya untuk menghindari kemacetan pada kunci brankas yang analog atau digital yaitu dengan cara mengganti kode kombinasi secara berkala. Setiap satu tahun sekali diusahakan kode brankasnya diganti dengan kombinasi yang baru, hal ini dapat mencegah kemacetan pada brankas khusunya bagi yang menggunakan kunci analog. Perubahan kode kombina secara berkala membuat seluruh komponen kuncinya bergerak aktif sehingga terhindar dari pengkaratan, karena hal tersebut salah satu penyebab kemacetan pada kunci brankas. Upaya menghindari kemacetan pada kunci brankas uang selain mengganti kunci secara berkala juga menggunakan pelumas khusus kunci. Penggunaan pelumas secara berkala dapat menghindarkan kunci dari berkaratan dan kemacetan kunci karena udara lembab.

Brankas uang yang menggunakan kunci digital perawatannya berbeda dari brankas yang menggunakan kunci analog. Brankas uang yang menggunakan kunci digital selain mengganti kode kombinasi secara berkala juga perlu hati-hati dalam menggunakan tombol-tombol kuncinya supaya tidak cepat rusak. Pada saat akan membuka dan menutup brankas usahakan tangan selalu bersih supaya tidak meninggal bekas noda pada tombol-tombol kunci digitalnya. Karena bukan tidak mungkin dengan meninggalkan bekas pada tombol-tombol kunci akan memudahkan orang lain untuk mengetahui kode brankas uang yang kita masukan, sehingga menjadi tidak aman lagi. Selain itu jika tangan kita kotor saat membuka dan menutup kode brankas akan menyebabkan kerusakan pada sistem pengunciannya.

Supaya brankas tetap awet dan aman hindarkan penyimpanan brankas dari tempat yang lembab. Udara yang lembab selain menyebabkan kerusakan pada sistem penguncian brankas juga dapat menyebabkan kerusahan pada uang atau dokumen yang kita simpan. Supaya dokumen dan uang kita simpan suhunya tetap terjaga bisa menggunakan alumunium foild. Dinding brankas uang bisa kita lapisi dengan alumunium folid supaya suhu dalam brankas tetap hangat. Keadaan suhu yang tetap hangat angat menghindarkan tumbuhnya jamur dan bakteri, sehingga uang yang disimpan dalam brankas tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap. Bahkan disimpan dalam waktu yang  lama pun uang yang kita simpan dalam kondisi yang tetap baik. Semua ini perlu diperhatikan bagi para pengguna brankas uang, walaupun terlihat sederhana tetapi tetap penting demi keamanan uang dan keawetan brankasnya.